Belgia investigasi dugaan kecurangan pertandingan sepakbola

KONTAN.CO.ID –¬†BRUSSELS. Otoritas sepakbola Belgia mencium skandal dalam pertandingan sepakbola. Serangkaian penggerebekan dilakukan oleh Otoritas Belgia terhadap klub-klub sepak bola di seluruh negeri itu.¬†

Tercatat ada otoritas berhasil mengamankan 44 tersangka. Penggerebekan ini terkait dengan dugaan adanya pengaturan pertandingan. 

Fokus investigasi mengenai adanya tindakan kriminal oleh organisasi, pencucian uang hingga korupsi yang dilakukan secara pribadi disinyalir terjadi dalam usaha pengaturan pertandingan pada musim lalu di Liga Belgia.

Dalam penggerebekan tersebut, 44 orang ditahan di Belgia. Sedangkan 13 lain ditahan di Prancis, Luksemburg, Siprus, Montenegro, Serbia dan Makedonia.

Berdasarkan pernyataan dari Jaksa Penuntut, setelah dilakukan penyelidikan selama satu tahun, bukti menunjukkan adanya permainan uang yang dilakukan oleh agen olahraga sehingga mempengaruhi pertandingan selama musim lalu.

Penyelidikan dilakukan dalam waktu tiga bulan setelah tim nasional Belgia mencapai semifinal Piala Dunia dan mengalahkan Inggris untuk menyelesaikan turnamen ketiga di Rusia.

Menurut media setempat, ada dugaan keterlibatan agen olahraga Belgia paling terkenal, pelatih Brugge Ivan Leko dan mantan pejabat klub Anderlecht terlibat didalamnya.

Reporter: Puspita Saraswati
Editor: Narita

Reporter: Puspita Saraswati
Editor: Narita

SEPAK BOLA